Oleh: defrizal | Februari 22, 2008

Kesejukan di Sikayan Balumuik

Di sudut Kota Padang, tepatnya di Desa Koto Baru, Gadut Kelurahan Limau Manis Selatan, tersimpan kekayaan alam yang menyejukkan. Masyarakat setempat menamakannya Air Terjun Sikayan Balumiuk. Air terjun ini berjarak 17 km arah ke timur Kota Padang, tepatnya di Kecamatan Pauh.

Rehat sejenak di objek wisata yang terletak di punggung bukit barisan tersebut, akan membuat penat seminggu hilang. Apalagi ketika tubuh direndamkan ke dalam kolam alam dengan air yang dingin. Sensasi dan kenikmatan sekaligus relaksasi akan didapatkan dari bunyian air terjun yang memiliki irama khas. Dipercaya, suara air terjun mampu menetralkan tekanan darah dalam tubuh sehingga stress hilang.

Sensasi luar biasa akan didapatkan ketika tubuh ditusuk-tusuk butiran dan derasnya air terjun tersebut. Hutan yang masih hijau akan memberikan pemandangan dengan kesejukan luar biasa. Sikayan Balumuik tidak hanya memiliki satu air terjun, tetapi ada tiga air terjun dengan air terjun besar di bagian paling bawah. Dalam kolam di masing-masing air terjun berbeda. Kolam di air terjun atas lebih dalam, sehingga harus berhati-hati.

Untuk menuju Sikayan Balumuik, dari depan gerbang atau jembatan kecil, Anda dapat melewati jalan setapak. Anda akan melintasi ladang petani. Ketika melintasi rumahnya, jangan lupa minta permisi untuk menjaga sopan santun. Hal ini penting, ketika Anda menemui masalah di air terjun tersebut. Hal itu juga memperlihatkan kesopanan Anda ketika masuk wilayah orang lain. Padang ilalang juga anda temui sepanjang perjalanan. Setelah berada di sana, Anda dapat menikmati kesejukan di tiga tingkat air terjun. Untuk menuju ke air terjun berikutnya, Anda dapat mendaki jalan setapak yang berada di tepi tebing bukit barisan tersebut.

Hati-hati, jangan terpeleset, karena tebing sangat terjal. Anda dapat memanfaatkan akar-akar pohon besar untuk membantu Anda naik ke atas. Air Terjun Sikayan Balumuik ini memiliki ketinggian 90 meter. Meskipun memiliki kekayaan alam yang menabjukkan, sayangnya Pemko Padang belum melirik air terjun ini sebagai objek wisata yang perlu dikembangkan. Objek wisata dibiarkan begitu saja, padahal pundi-pundi uang dapat mengalir di sini. Namun hebatnya, air terjun ini masih tetap gagah di tengah polusi udara yang dikeluarkan pabrik semen di sekitarnya.

03-02-08_hl62.jpg

Menyejukan: Air Terjun utama Sikayan Balumuik, sejuk menerpa kulit.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: